Blinking Cute Box Cat
Wednesday 27 July 2011

Apresiasi Seni Musik Nusantara

Musik Itu Indah jadi ,janganlah kalian menganggap musik itu membosankan Ok !
;) ini apresiasinya :

Apresiasi Seni Musik



A. Musik Nontradisional Indonesia
Music nontradisional yang dimaksud adalah music yang bukan berasal dari daerah setempat diIndonesia. Situasi dan kondisi budaya di Indonesia yang terbuka memungkinkan music nontradisionalberkembang pesat, bahkan menjadi music popular, yaitu music yang banyak penggemarnya.Music popular umumnya memiliki beat yang konstan dan menggunakan tangga nada diatonicmayor maupun minor, penampilannya dalam bentuk band kombo standar (bukan orkestra).Music nontradisional yang sudah berkembang di Indonesia, yaitu music pop, dangdut,keroncong, campursari dan juga nasyid.
Music Pop
Music pop lahir setelah orang mengalami kejenuhan dengan music klasik ( mewakili beberapaperiode ) yang serba terikat. Konsepnya fleksibel / luwes, sederhana dengan frase-frase melodi yangpendek. Berdasarkan ciri harmoninya music pop terbagi menjadi music pop standard dan music popkreatif. Sedangkan berdasarkan lirik yang berpengaruh pada harmoni dan dinamiknya, terdapat musicpop balada.
Music pop standar memiliki ciri-ciri, yaitu :
Melodi mudah diterapkan dengan berbagai karakter lirik.
Sangat fleksibel jika dipadukan dengan jenis style lain.
Mudah disenandungkan dan diserap
Harmoni tidak terlalu rumit
Tempo bervariasiContoh :
Tercipta Untukku ( Ungu Band)
Music pop kreatif memiliki ciri-ciri, yaitu :
Memiliki keunikan dalam ritme, melodi, harmoni, instrument, gaya, dinamika, dan lirikkarena keterpaduanya dengan gaya (style) music.Contoh : Yang Terbaik Bagimu ( Ada Band)
Music pop balada memiliki ciri-ciri, yaitu

 Mirip dengan music pop
Tempo lambat dan sedang
Pola melodi bervariasi karena dibuat untuk kepentingan lirik
Lirik cenderung ekspresif, sindiran ( jenaka, sedih, dan keras ), serta berkisah tentangrasa social dan suka duka kehidupan.Contoh: Indonesia Menangis ( Sherina)
Dangdut Berawal dari music orkes melayu yang berkembang dengan pengaruh music gaya India( dangdut klasik ), seiring berkembangnya teknologi dan kreativitas manusia, music dangdutklasik Melayu  India mulai berkembang menjadi dangdut modern. Ciri-ciri :

Kesan music melayu sebagai tempat asalnya masih terasa


Melodi dan harmoni dengan variasi akor sederhana dan cenderung bertangga nadaminor


Eksresi berdasarkan kesesuaian lirik dengan beat kurang diperhatikan,karena beat (gendang dan perkusi lainnya) yang konstan lebih difokuskan untuk joget.Contoh:


KeroncongGaya music ini berasal dari Negara

Portugis dan berkembang di Indonesia denganmodifikasi instrument music antara lain ukulele, gitar, cello, bas,f lute, dan biola. Ciri-ciri:

Melodi mendayu-dayu penuh dengan cengkok


Tanpa perkusi,sehingga beat diambil alih oleh cello dan ukulele


Terdapat kesulitan dam mengomposisi lagu baruContoh: Keroncong


Protol

Campur SariJenis music ini cenderung lebih baru dibandingkan jenis-jenis music lainnya. Music inimerupakan hasil modifikasi antara music karawitan, dangdut dan keroncong.Contoh:


Nasyid Awalnya nasyid merupakan syair lagu yang dinyanyikan tanpa pengiring untukmenyemangati perjuangan, dan berkembang menjadi lagu rohani Islam.Jika dinyayikan secara akapela, tempo dan ritmenya bebas. Jika dengan iringan music,harmoni pengiring cenderung bersifat ritmis dan lincah untuk mendukung kesan riang dansemangat dengan cirri music pop, baik standar,kreatif maupun balada.Contoh: Give thanks to Allah.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar dibutuhkan, tapi plisss kalo komen yang sopan ya kakak? :3
Arigatougozaimasu!

Kalo Copy Paste Pake Sumber Blog Ini Ya kak ^^

Followers